KATA PENGANTAR
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan
hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, dimana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka
kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung
dalam kaitannya dengan pasar. Dalam era persaingan usaha yang semakin
kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi
dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran
yang dijalankannya . Produk – produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu
proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu
meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian
pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh
perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia bagi perusahaan. Sedangkan untuk
dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah.
Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada
perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level
bawah.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang.
1. MANAJEMEN PEMASARAN
A.
Pengertian
Manajemen Pemasaran dan Fungsinya
Manajemen
pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua kata yang pertama
kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”, jadi pengertian manajemen
pemasaran berasal dari gabungan dua pengertian. Kata manajemen sering di
definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang
dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya,
dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat
membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau
jasa. Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi,
pemasaran dan konsumsi.Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan
produksi dan konsumsi.
Jadi yang dimaksud dengan manajemen
pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan,
mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengandalikan
kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau
tujuan perusahaan secara lebih efesien dan efektif. Itulah definisi manajemen
pemasaran secara umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti
meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan
promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian
pelayanan pada konsumen.Tentunya semua kegiatan ini dilakuakan untuk dapat
memenuhi kebutuhan konsumen.
B.
Definisi
Manajemen Menurut Para Ahli
Inilah
beberapa pengertian atau definisi manajemen pemasaran menurut para ahli
- Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.
- Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
- Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
- Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
- Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler & Amstrong)
- American Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut: Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
- Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
C.
Unsur
Manajemen Pemasaran
Terdapat 3
(tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai
berikut:
1.
Orientasi
pada konsumen atau pembeli
Umumnya produsen menghasilkan produk untuk upaya memenuhi
kebutuhan dan kepuasan konsumen, dengan tujuan untuk mendapatkan
keuntungan.Konsumen ialah orientasi paling utama yang harus di pertimbangkan
dalam segala macam bentuk strategi bisnis. Demikian juga dalam proses marketing
atau penjualan, maka dalam bisnis selalu mengedepankan pihak konsumen yang
merupakan strategi dari bagian konsep pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab
konsumen bisa di bilang sebagai raja, dan pihak produsen atau perusahaan adalah
pelayan yang harus melayani kebutuhan raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam
tawaran yang menarik, baik itu dari segi produk yang dihasilkan maupun dari
segi pelayanan yang di sediakan.Manajemen pemasaran menyetujui konsep pemasaran
yang terbaik dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
2.
Perencanaan
kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh
Manajemen pemasaran menyetujui
adanya pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan kegiatan-kegiatan
dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang pemasaran,
strategi, implementasi, penganalisaan, controlling (pegawasan) dan
lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus dilakukan secara
tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan jelas, sehingga bisa
mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan). Manajemen pemasaran
menyetujui suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga dapat dilakukan
penganalisaan dan controlling (pengawasan) terhadap hasil yang di
dapat.Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasaran salah satunya juga di
dasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3.
Kepuasan
konsumen
Kepuasan konsumen menjadi unsur yang
penting juga yang harus di perhatikan dalam menyusun strategi pemasaran.
Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui adanya hasil keputusan para
konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang berjalan.
Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari bagaimana kualiats
produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara maupun starategi
pemasaran yang dijalankan.
D.
Tugas
Manajer dalam Manajemen Pemasaran
Dalam hal ini manajer memiliki
banyak pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi manajemen yang dijalankan
di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut di jalankan
untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang nantinya dapat
memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan konsumen sangatlah beragam
dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya bisa terpenuhi.Kebutuhan konsumen
yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi suatu keuntungan atau peluang bagi
pembisnis yang perlu di manfaatkan.
Tugas manajer pemasaran bisa di
tinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan dalam bidang pemasaran, yaitu
bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan untuk dapat merubah sumber daya
menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen, tugasnya
diantaranya seperti di bawah ini:
- Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
- Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
- Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
- Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak.
- Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
- Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.
2.
KESIMPULAN
Dari materi
kita dapat ambil beberapa kesimpulan :
a.
Manajemen
pemasaran adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan,
mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengandalikan
kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat tercapainya target atau
tujuan perusahaan secara lebih efesien dan efektif,
b.
Unsur
manajemen pemasaran ada tiga yaitu,
orientasi pada konsumen atau pembeli, perencanaan kegiatan-kegiatan
pemasaran secara menyeluruh, kepuasaan konsumen,
c.
Tugas
manajer pemasaran bisa di tinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan
dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan
untuk dapat merubah sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi
kebutuhan konsumen.
3.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar